Selasa, 20 Oktober 2009

Bab 5 Kreativitas dan Inovasi Dalam Berwirausaha

Kreativitas dan Inovasi dalam Berwirausaha

Hambatan dan teknik meningkatkan kreativitas

1. Hambatan kreativitas

Seorang pakar mengartikan hambatan kreativitas sebagai “mental walls which block the problem solver from correctly perceiving a problem or conceiving its solution,” yaitu dinding atau bangunan mental yang menghambat kita untuk memahami atau menemukan pemecahanatas suatu masalah. Faktor penghambat dapat diklasifikasikan atas dua unsur utama yaitu hambatan struktural dan proses.

Hambatan struktural terdiri atas:

§ Hambatan psikologis : membuat seseorang menjadi tidak bebas dalam mengekploitasi dan mengubah gagasan.

§ Hambatan budaya : adanya keseragaman berfikir atau pemujaan terhadap cara berfikir logis dan rasional.

§ Hambatan lingkungan : dapat berbentuk fisik maupun sosial.

Hambatan proses terdiri atas :

§ Hambatan bahasa berfikir : kita memilki beragam bahasa yang digunakan untuk menyelesaikan masalah, miisalnya bahasa lisan, matematik, visual, dan bahasa penginderaan lainnya.

§ Hambatan keterpakuan fungsional: bersumber pada kebiasaan untuk memfungsikan peralatan, orang, ataupun teknologi.

§ Hambatan kebiasaan memandang : memandang suatu benda atau alat adalah salah satu penghambat kreatifitas.

2. Teknik meningkatkan kreativitas

Cara umum yang dipakai adalah denan mengubah cara berfikir dan proses bertindak, walaupun demikian, berbagai riset telah dilakukan untuk mencari cara-cara meningkatkan kreativitas dalam proses pemecahan masalah.

§ Perumusan secara kreatif

Perumusan masalah sangat penting sebagai langkah untuk memulai suatu proses untuk penyelesaian.

§ Bertanya dan bertanya

Intinya adalah dengan terus menerus melontarkan pertanyaan untuk memperbesar terciptanya solusi yang kreatif.

§ Curah gagasan

Salah satu teknik dalam kelompok dalam mengembangkan kreativitas adalah curah gagasan. Biasanya dipakai untuk memecahkan masalah yang kompleks oleh kelompok yang terdiri atas dua sampai tujuh orang.

§ Orang aneh

Memasukan orang lain yang tidak begitu tahu tentang bidang pekerjaan atau bidang pengetahuan yang sedangdipecahkan masalahnya.

§ Iklim kreatif

Teknik terakhir dalam pemecahan masalah secara kreatif dalam kelompok adalah dengan menciptakan iklim kreatif.

Jika ingin memperkuat otak bagian kanan dalam berfikir, anda harus melakukan banyak latihan. Pengaruh penggunaan otak kiri yang berlebihan menyebabkan seseorang lebih teratur dalam berfikir, analitis dan kurang kreatif , sehingga terlalu banyak pertimbangan dalam bertindak dan cenderungmenjadi pengekor.

· Setiap minggu, ambil foto tentang 2 orang atau labih, dari koran majalah.

· Setiap hari, ambil 2 kejadian yang tidak berhubungan dari sebuah surat kabar, dan bayangkan suatu cara untuk menghubungkannya.

Otak kiri

Otak kanan

Kata

Irama/gambar

Logika

Intuitif

Angka-urutan

Dimensi-imajinasi

intelektual

Emosional

Deduktif

induktif

Tetap-statis

Sementara-dinamis

Hafalan

Pemahaman

fakta

Gagasan

Sempit-dangkal

Luas-dalam

Pasif-jawaban

Aktif-pertanyaan

ketakutan

kepercayaan

Jangka Pendek

Jangka panjang

· Cobalah memikirkan suatu model menggunakan objek sehari-hari yag tidak biasa.

· Buat daftar barang kebutuhan barang sehari-hariyang mengganggu anda.

· Bila anda mempunyai masalah atupun kesulitan, cobalah ‘berharap’.

· Cobalah merubah suatu masalah dengan melihatnya dari sudut pandag yang berbeda.

· Anggaplah anda adlah suatu produk.

Arti penting inovasi dalam kewirausahaan

orang dengan gagasan baru adalah orang aneh, sampai gagasan itu berhasil.”

Scumpeter dalam rambat (2004) mendukung pendapat bahwa pengusaha merupakan inovator, yang tidak selslu sebagai orang yang mengatur pengalokasian sumber daya dalam usaha eksploitasi invensi, yang mungkin saja sudah ada sebelumnya. Pengusaha menciptakan kombinasi baru dari panggunaan faktor produksi.

Ada lima jenis inovasi yang penting dilakukan pengusaha yaitu :

1. Pengenalan barang baru atau perbaikan barang yang sudah ada.

2. Pengenalan metode produksi baru.

3. Pembukaan pasar baru, khususnya pasar ekspor atau daerah yang baru.

4. Penciptaan/pengadaan persediaan bahan mentah atau setengah jadi baru.

5. Penciptaan suatu bentuk organisasi industri baru.

Fungsi inovasi dari seorang pengusaha tentu saja dapat mengubah pasar dan “aturan main” yang sudah ada. Pengusaha yang dapat menciptakan jenis barang baru akan memberi keuntungan bagi pasar sehingga lebih banyak terdapat pilihan bagi konsumen.

Teknik Mengembangkan Inovasi

Kisah inovasi sepertinya tidak pernah mati. Belum lama ini, lewat bukunya yang berjudul Blue Ocean Srategy, dua pangajar di INSEAD perancis, w. Chan Kim dan Renee Mauborgne, seolah kembali mengingatkan pentingnya inovasi. Buku yang banyak di perbincangkan dikalangan pebisnis ini intinya memaoarkan straegi memenangkan kompetisi tanpa harus “berdarah-darah”.

Seoang pengusaha harus segera menerjemahkan mimpi-mimpinya menjadi inovasi untuk mengembangkan bisnisnya. Jika impian dan tujuan hidup merupakan fondasi bangunan dalam bisnis, maka I novasi dapat di ibaratkan sebagai pilar-pilar yang menunjang kukuhnya bangunan bisnis.

Impian saja tidak cukup. Impian haus senantiasa ditunjang oleh inovasi yang tiada hentisehingga bangunan bisnis manjadi kukuh dalam siuasi apapun. Inovasi adalah kretifitas yang diterjemahkan menjadi sesuatu yang dapat diimplementasikan dan memberikan nilai tambah atas sumber daya yang kita miliki. Sifat inovasi dapat ditumbuh kembangkan denagn memahami bahwa inovasi adalah suatu kerja keras, terobosan, dan kaizen (perbaikan terus-menerus). Inovasi kerap bergantung pada riset. Biasanya, untuk menghasilkan produk baru yang benar-benar inovatif biayanya sungguh besar.

Melindungi Gagasan dari Hasil Kretivitas dan Inovasi

Ketiak seorang pengusaha mendapatkan gagasan inovasi untuk prduk atau jasa yang memiliki potensi pasar, dengan segera mareka harus melindunginya dari penggunaan yang tidak sah. Banyak perusahaan yang tidak mengetahui pentingnya hak perlindungan usaha. Pengusaha harus memahami cara mendapatkan hak paten, merek dagang, dan hak cipta yang biasanya disebut dengan Hak Kekayaan Intelektual (HAKI), yaitu hak eksklusif yang diberikan oleh negara kepada seseorang atau sekelompok orang untuk memegang monopoli dalam menggunakan dan mendapatkan manfaat ekonomi dari kekayaan intelektual.

Lingkup dari Hak Kekayaan Intelektual dapat kita kenal dengan sebutan Hak Cipta dan Hak Kekayaan Industri, dimana :hak cipta adalah hak istimewa guna melindungi pencipta dan keorisinilan ciptaannya.

1. Hak cipta adlah hak sah yang iasanya diberikan kepada penulis, komposer, kpeator peranti lunak, artis, dan penerbit untukmempublikasikandan menjual karya mereka.

2. Hak kekayaan industri terdiri atas : paten, desain industri, desain tata letak sirkuit terpadu, merek dagang, rahasia dagang.

Hak paten hanya diberikan kepada penemu yang sebenarnya bukan kepada seseorang yang menemukan penemuan orang lain. Penemuan yang telah diberikan hak paten tidak boleh diduplikasi dan dijual oleh siapapun tanpa izin (lisensi) dari penemunya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar