Kamis, 07 Januari 2010

soal Kewirausahaan (Mentari Dini)

PERSIAPAN UAS

Soal Benar atau Salah

1. B S Analisis SWOT adalah analisis terhadap kelemahan, kekuatan, peluang, dan

kesempatan. ( Soal dari Bab 6)

Jawaban : Salah.

2. B S Spesific, mengandung arti bahwa perencanaan yang dibuat tidak akan

bermakna ganda.( Soal dari Bab 7).

Jawaban : Benar.

3. B S Laporan keuangan yang biasanya dibuat adalah neraca dan laporan laba rugi.

(Soal dari Bab 8).

Jawaban : Benar.

4. B S Bauran pemasaran adalah alat yang digunakan dalam menjalankan strategi

yang dipilh (baik berupa produk, harga, lokasi, dan tempat) dan usaha-usaha

lain. (Soal dari Bab 9).

Jawaban : Salah.

5. B S Hal terpenting dalam memasarkan barang atau jasa adalah mengetahui siapa

pembeli dan produk barang dan jasa yang mereka tidak butuhkan.(Soal dari

Bab 9).

Jawaban : Salah.

Soal Pilihan Ganda

1. Kelanjutan dari pengenalan pasar, yang menyangkut strategi yang akan diterapkan

dalam memasarkan barang atau jasa agar dapat diterima oleh pasar adalah

pengertian dari : ( Soal dari Bab 9).

a. Bauran pemasaran. c. Strategi pemasaran.

b. Evaluasi pemasaran. d. Pengenalan pasar.

Jawaban : c. Strategi Pemasaran

2. Persekutuan yang dilakukan oleh dua orang atau lebih dengan nama bersama untuk

menjalankan satu bisnis mepukan pengertian dari : ( Soal dari Bab 6 ).

a. Join Venture. c. Kartel.

b. Persekutuan Komanditer. d. Persekutuan(Firma).

Jawaban : d. Persekutuan (Firma).

3. Kemampuan mengatasi masalah, menyelesaikan konflik, menghadapi beban kerja

tinggi (stress), membuat prioritas adalah merupakan pengertian dari :

(Soal dari Bab 7)

a. Commitment. c. Capacity.

b. Character. d. Creativity.

Jawaban : c Capacity.

4. Persyaratan yang tidak diminta untuk debitur badan usaha atau perusahaan yaitu :

(Soal dari Bab 8).

a. Fotokopi Identitas diri. c. Fotokopi Akte Pendirian Perusahaan.

b. Fotokopi NPWP. d. Fotokopi Ijazah SD.

Jawaban : d. Fotokopi Ijazah SD

5. Memegang prinsip dan melakukan semua kegiatan secara terhormat dalam bisnis

merupakan pengertian dari : (Soal dari Bab 10).

a. Kejujuran . c. Intregitas.

b. Kesetiaan. d. Keadilan.

Soal ESSAY

Perencanaan yang baik untuk sebuah usaha baru perlu dirumuskan, dan untuk itu, cobalah untuk berpikir dengan SMART. Sebutkan kepanjangan kata dari SMART dan jelaskan ?

Jawaban

1. Spesific : mengandung arti bahwa perencanaan yang dibuat tidak akan bermakna

ganda.

2. Measurable : perencanaan yang dibuat harus dapat terukur.

3. Achievable : perencanan yang telah dibuat tersebut harus dapat dicapai.

4.Reasonable : perencanaan yang baik perlu memenuhi persyaratan factual dan

realstis.

5. Trackable atau Timely : perencanaan yang telah dibuat dalam pencapaiaan tujuan

usaha, harus dapat dilacak untuk mengetahui setiap kemajuan.

Logo Usaha (Reza Indra Tri Wicaksono)


Nama : Reza Indra Tri Wicaksono

Jenis Usaha : Kuliner

Nama Usaha : bRonZa cupcakes brownies and coffee

Jenis usaha ini berupa makanan brownies yang disajikan dengan bentuk cupcakes dan coffee. Saya menjalani usaha bisnis ini karena saya melihat semua kalangan dari muda sampai tua senang mencari tempat makan yang nyaman dan orisinil belum ada dibanyak tempat. Dalam café ini selain menjual bermacam-macam cupcakes brownies beraneka rasa, saya juga menawarkan coffee untuk pelanggan, mulai dari hot coffee sampai ice blended coffee yang banyak disukai kalangan remaja maupun dewasa. Dengan adanya café ini saya berharap semua orang dapat merasakan nikmatnya makan brownies beraneka rasa yang disajikan dalam bentuk cupcakes, sambil minum coffee kesukaan Anda.


Soal Kewirausahaan (Reza Indra Tri Wicaksono)

Soal Kewirausahaan

Nama : Reza Indra Tri Wicaksono

NIM : 43108010197

Jurusan : Manajemen S1

Soal Benar / Salah

  1. Cara melihat peluang disekeliling kita adalah dengan analisis SWOT. (Bab 6)
  2. Melihat sumber ide bisnis yang sangat banyak, tidak mungkin kita dapat melaksanakan seluruhnya. (Bab 6)
  3. Hasil analisis SWOT tidak bisa dijadikan pedoman untuk memulai merencanakan suatu usaha. (Bab 7)
  4. Kredit konsumsi adalah kredit yang bisa digunakan untuk tujuan apapun. (Bab 8)
  5. Penentuan harga dilakukan dengan cara menetapkan harga psikologis, harga paket, harga gengsi, dan harga penuntun. (Bab 9)

Jawaban

  1. Benar
  2. Benar
  3. Salah
  4. Salah
  5. Benar

Soal Pilihan Ganda

  1. Penentuan harga dilakukan dengan cara menetapkan, kecuali…(Bab 9)
    1. Harga Paket c. Harga Promosi
    2. Harga Gengsi d. Harga Psikologis

  1. Beberapa pertimbangan yang dapat dijadikan kriteria penilaian tenaga kerja yang akan kita ambil untuk nantinya bekerja pada organisasi perusahaan adalah, kecuali..(Bab 7)
    1. Capacity c. Creativity
    2. Character d. Community

  1. Modal yang harus kita keluarkan untuk membayar biaya operasi bulanan dari usaha kita, adalah… (Bab 8)
    1. Modal Kerja c. Modal Investasi Awal
    2. Modal Operasional d. Modal Usaha

  1. Beberapa jenis wirausaha adalah… (Bab 10)
    1. Tipe Imagine c. Tipe Improve
    2. Tipe Invest d. Semua Benar

  1. Beberapa pertimbangan yang harus dilakukan sebelum mendirikan organisasi bisnis adalah, kecuali.... (Bab 6)
    1. Pengawasan c. Resiko
    2. Kebutuhan Modal d. Anggota

Jawaban

  1. C (Bab 9)
  2. D (Bab 7)
  3. B (Bab 8)
  4. D (Bab 10)

5. D (Bab 6)

Soal Essay

  1. Jelaskan perbedaan antara sindikat dengan kartel ! (Bab 6)

Jawaban :

· Sindikat (syndicate) merupakan kerjasama antara dua unit usaha untuk mencapai tujuan tertentu yang spesifik.

· Kartel (cartel) merupakan persekutuan perusahaan-perusahaan dibawah suatu perjanjian untuk mencapai tujuan tertentu.

Tugas Ringkasan Bab 10 (Reza Indra Tri Wicaksono)

Perubahan lingkungan bisnis akan terjadi setiap saat. Kegiatan operasional perusahaan di Indonesia tidak dapat melepaskan diri dari kondisi dan perkembangan perekonomian global. Beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh wirausahawan Indonesia, baik yang bergerak dalam aktivitas lokal maupun global, dalah terjadinya berbagai perubahan yang dipicu oleh perkembangan teknologi yang mencakup hal-hal sebagai berikut:

1. Produk-produk baru yang dilempar ke pasar oleh pesaing.

2. Perkembangan teknologi dan informasi.

3. Perkembangan teknologi barang subtitusi.

4. Berbagai penemuan baru.

5. Adaptasi teknologi yang siap pakai.

6. Strategi perkembangan teknologi nasional.

7. Biaya penelitian dan pengembangan oleh perusahaan pesaing atau perusahaan-perusahaan dalam satu industri.

8. Siklus hidup produk.

9. Terobosan-terobosan yang dapat meningkatkan produktivitas yang lebih biak di bidang input, pengolahan dan pemasaran.

10. Berbagai ramalan pengembangan teknologi di masa depan.

Keunggulan wirausaha dalam mendukung perekonomian negara yaitu mendorong pertumbuhan ekonomi, meningkatkan produktivitas, menciptakan teknologi, produk dan jasa baru, serta menciptakan perubahan dan kompetisi. Permasalahan yang terjadi dalam menumbuhkembangkan kewirausahaan, yaitu: pembinaan UKM dan bagi-bagi modal belas kasihan, pribumisasi usahawan yang gagal, usaha-usaha kecil umumnya gagal menjadi usaha besar.

Tugas Ringkasan Bab 9 (Reza Indra Tri Wicaksono)

MERANCANG STRATEGI PEMASARAN

Pemasaran tidak hanya berhubungan mengenai penjualan, iklan dan promosisaja. pemasaran merupakan proses yang utuh tentang kemampuan menawarkan barangatau jasa yang tepat harga,waktu dan lokasi yang tepat.
pemasaran bertitik tolak pada kebutuhan dan keinginan pembeli.
upaya pemasaran di tunjukan untuk memberikan kepuasan sehingga pembeli melakukan pembelian ulang dan merekomendasikan produk ke orang lain.

pengenalan pasar adalah upaya untuk mengetahui jumlah, karakteristik dan sifat sebuah pasar.
beberapa teknik akan membantu anda dalam melakukan pengenalan pasar :
mengelompokan pasar
masa peredaran barang atau jasa
analisis SWOT
menentukan strategi pemasaran.
banyak sekali strategi yang di perkenalkan dalam teori teori pemasaran, namun secaraumum strategi pemasaran dapat di pilih adalah:


menembus pasar
mengembangkan pasar
mengembangkan produk
melakukan diversifikasi
menerapkan biaya murah
memfokuskan pada pasar
melakukan diferensiasi


menentukan alat pemsaran
alat pemasaran yang di maksud adalah bauran pemasaran di tambah distribusi, pelayanan dan kekuasaan.


hal yang diperlukan dalam menghasilkan produk
hal yang diperlukan dalm menyampaikan barang sampai ke pembeli (distribusi)
hal yang dipelukan dalam memilih lokasi usaha yang tepat
hal yang diperlukan dalam menetukan harga yang tepat.